Sebelum terjun ke bisnis di Internet, Anda wajib menilai diri Anda, apakah Anda tahu apa, mengapa dan bagaimana bisnis di internet itu, lalu apakah Anda mampu memenuhi semua syarat yang diperlukan, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu Anda mau melakukannya. Untuk tahu, Anda tinggal mengikuti pelajaran yang saya berikan lewat artikel-artikel di member area ini. Untuk mampu, cukup Anda mencobanya berulang-ulang, atau mengikuti kalau membutuhkan tutorial langsung dapat mengikuti workshop yang kami sediakan. Tetapi untuk mau, akan sangat bergantung kepada seberapa besar Anda hasrat untuk memiliki passive income yang jauh mamelampaui kebutuhan belanja Anda sehari-hari.
Beberapa persyaratan minimal yang saya kemukakan berikut, bisa Anda pakai untuk mengevaluasi kepribadian, talenta, kebiasaan, dan keyakinan Anda dalam memenuhi kebutuhan serta harapan-harapan Anda.
  1. Kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan. Kemampuan ini sangat diperlukan, karena blog adalah media untuk menyampaikan informasi kepada para pengunjungnya. Anda haruslah suka atau menyukai, dan biasa atau membiasakan diri untuk menulis berbagai artikel, komentar, dan lainnya ke dalam blog Anda. Tulisan itu tidak perlu panjang, asalkan merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pencari informasi di mesin pencari. Tulislah seperti Anda sedang menyampaikannya secara lisan. Informasi atau pesan itu bisa saja Anda sampaikan dalam bentuk audio atau video. Kemampuan ini bisa Anda pelajari.
  2. Kemampuan baca tulis dalam bahasa Inggris. Blog Anda akan menghasilkan uang lebih banyak apabila isinya Anda tulis dalam bahasa Inggris, karena target pasar Anda haruslah pasar global. Sekurangnya Anda menguasai relatif cukup banyak kosa kata dan grammar bahasa Inggris. Anda tulis saja dulu artikel atau postingan Anda dalam bahasa Indonesia, lalu Anda terjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan Google Translator. Atau manfaatkan kenalan Anda yang mahir berbahasa Inggris untuk mengedit terjemahan yang Anda lakukan tersebut. Jangan lupa menggunakan kata-kata kunci (keywords) yang banyak dicari orang di Internet.
  3. Kemampuan memilih pesan yang mau disampaikan. Anda harus tahu apa yang banyak dicari para peselancar di Internet, dan juga memiliki informasi yang diperlukan tersebut. Informasi atau pesan dimaksud dapat saja Anda dapatkan dari orang lain atau website lain yang Anda tulis ulang dengan gaya bahasa Anda sendiri.
  4. Anda harus punya mental untuk selalu mencoba. Apabila Anda termasuk orang yang ingin mempelajari segala sesuatunya sendiri, maka Anda harus memiliki mental atau dengan perkataan lain Anda menyukai dan membiasakan diri untuk coba-gagal-dan coba lagi (trial and error). Untuk memulainya Anda membutuhkan sedikit insiatif. Yang penting Anda harus memulainya sedini mungkin, karena sekalipun bisnis di Internet bisa membuat Anda kaya dan bahkan sangat-sangat kaya, tetapi bukan bisnis yang membuat Anda cepat kaya. Ada proses yang harus dilalui, dan ada harga yang harus dibayar.
  5. Anda harus menyediakan waktu khusus. Bisnis di Internet bukanlah sebuah hobby yang boleh Anda lakukan hanya apabila Anda memiliki waktu luang. Sekalipun bisnis di Internet dapat Anda jadikan bisnis sampingan yang dijalankan secara paruh waktu, Anda wajib menyediakan waktu khusus untuk itu. Misalnya, minimal 2 jam per hari. Anda dapat menetapkannya secara reguler setiap malam, yaitu dari jam 20.00 sampai jam 22.00. Karena waktu 2 jam itu sesungguhnya relatif sedikit untuk menjalankan bisnis di internet, maka Anda perlu merencanakan apa saja yang akan Anda lakukan dengan waktu tersebut. Setiap hari Anda harus menyediakan waktu untuk menulis artikel, menilai komentar yang masuk, menjawab pertanyaan-pertanyan, membaca postingan blogger lain yang ada hubungannya dengan topik Anda serta melakukan networking dengan blogger lainnya.
  6. Anda harus mendisiplinkan diri Anda. Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa Anda harus menulis sebuah artikel setiap harinya, dan mem-postingnya di blog Anda. Selalu ada gangguan yang menghalangi Anda untuk menggunakan waktu yang telah Anda tetapkan itu. Misalnya Anda harus lembur di pekerjaan atau usaha utama Anda. Dalam hal ini Anda harus menggantinya dengan waktu yang lain. Mungkin juga Anda sedang tidak punya ide, mengenai apa yang akan Anda tulis. Untuk itu Anda bisa mendapatkannya dengan membaca berita aktual di media cetak maupun elektronik yang ada hubungannya dengan isi blog Anda. Tetapi gangguan terbesar adalah Anda mudah tergoda untuk berjam-jam chatting dengan teman-teman Anda di Yahoo atau Face Book, atau tanpa membatasi diri terus melakukan browsing mencari informasi yang memang sangat berkelimpahan di Internet. Itu sebabnya Anda perlu dan wajib membuat rencana yang sistematis dalam mempelajari dan menjalankan bisnis di Internet ini. Misalnya setelah Anda tahu jenis blog apa yang akan Anda bangun, Anda mulai menulis banyak artikel, yang bisa Anda posting ke blog Anda nantinya secara bersamaan, dengan jadwal publish yang berurutan.
  7. Anda harus memiliki kemampuan teknis yang basic. Dengan dimungkinkannya membuat website dengan wordpress, Anda cukup memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis yang dasar untuk itu membuat sebuah website yang menarik. Untuk itu Anda cukup mengikutinya secara step-by-step di KoperasiJutawan.com ini. Tetapi apabila Anda tetap mengalami kesulitan, Anda bisa mengikuti program tutorial atau workshop yang kami sediakan khusus bagi anggota KoperasiJutawan.com.
  8. Anda harus suka belajar hal-hal baru. Tidak seorang pun tahu mengenai segala sesuatu. Selalu ada hal-hal baru yang bisa atau perlu Anda pelajari. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang demikian cepat telah dan akan menjadi pemicu dari perubahan bidang-bidang lain.
  9. Anda harus suka membaca. Kita bisa berkata-kata karena mendengar. Kita mahir menulis karena banyak membaca. Oleh karena itu agar tulisan Anda lebih kaya dengan informasi, Anda harus lebih banyak membaca. Untuk membahas sebuah topik, sebaiknya Anda membaca lebih dari tiga tulisan lain mengenai topik yang sama. Dengan Anda memasukkan apa yang Anda tahu dan alami, maka tulisan Anda itu akan menjadi unik dan berguna bagi orang lain. Tentunya ada banyak persyaratan lain untuk sukses berbisnis di Internet. Tetapi apabila Anda memenuhi kesembilan syarat di atas, Anda sudah bisa memulai bisnis ini sambil bertahap mempelajari syarat-syarat lain untuk bisa lebih menarik pengunjung, dan bahkan pembeli ke website Anda. Pelajaran berikutnya adalah Bagaimana Menentukan Ceruk Pasar dari Blog Anda. Selamat belajar dan Sukses

Comments (0)